Wednesday 17 May 2017

Definisi Data dan Informasi

Apa itu data?. Awalnya data menyatakan fakta yang dapat direkam dan sisimpan pada media komputer, misalnya hard disk. Namun perlu diketahuai bahwa bahwa data pada masa sekarang tidak sekedar hanya berupa teks, tetapi juga bisa berupa dokumen, gambar, suara, ataupun potongan video.


Definisi Data 
  1. Data adalah fakta-fakta mentah yang mewakili kejadia-kejadian yang berlangsung dalam organisasi atau lingkungan fisik sebelum ditata dan diatur kedalam bentuk yang dapat dipahami dan digunakan orang. (Loudon : 1998).
  2. Data adalah Deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai. (Kadir : 2003).
  3. Data adalah Fakta, angka, bahkan simbol mentah. Secara bersama-sama merupakan masukan bagi suatu sistem informasi. (Wilkinson : 1992).
Dapat dikatakan bahwa data adalah suatu bahan mentah yang kelak dapat diolah lebih lanjut untuk menjadi suatu yang lebih bermakna. Data inilah yang nantinya akan disimpan dalam Database.

Apa itu informasi?. Istilah lain yang sering rancu dengan data adalah informasi. Dalam kenyataan, kedua istilah ini seringkali saling dipertukarkan. Meski begitu, perbedaan kedua istilah tersebut perlu diperjelaskan. Pertama-tama akan diberikan beberapa definisi mengenai informasi.

Definisi Informasi
  1. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang bermakna dan berguna bagi manusia (Loudon : 1998).
  2. Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakannya (Hoffer, dkk : 2005).
  3. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang (Davis : 1999).
Dapat disimpulkan bahwa : 
  1. Informasi bermuara pada data.
  2. Memberikan suatu nilai tambah atau pengetahuan bagi yang menggunakannya.
  3. Dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Dalam bentuk sederhana, data bisa menjadi informasi. Sebagai contoh, seorang nasabah bank ingin tahu saldo tabungannya melalui ATM. Bagi orang tersebut saldo adalah informasi, yang sangat penting untuk diketahui karena akan mengetahui tindakan yang akan dilakukannya, misalnya mau beli sesuatu barang atau tidak. Secara internal, saldo tersebut sebenarnya adalah data yang tersimpan dalam komputer milik bank.
Load disqus comments

0 comments