Wednesday 17 May 2017

Cara Membuat Objek Menggunakan Simbol Pada Adobe Flash CS3

Untuk memulai pembuatan Objek dengan menggunakan simbol langkah awal yang harus dilakukan membuat objek pada area kerja, dengan menentukan letak frame dan layer yang akan ditempati objek tersebut, misalnya “klik frame 1 layer 2”. Selanjutnya membuat objek-objek menggunakan tool yang tersedia dalam toolbar, caranya : pilih salah satu tool kemudian drag ke area kerja.


Adapun langkah-langkah pembuatan objek dengan menggunakan Adobe Flash CS3 adalah sebagai berikut :
  1. Membuat objek garis, gunakan line tool, kemudian pilih warna, ukuran, dan jenis garis pada panel properties. Selanjutnya drag pada area kerja.
  2. Membuat objek segi empat, gunakan rectangle tool, kemudian pilih warna, ukuran, dan jenis garis pada panel properties. Selanjutnya drag pada area kerja.
  3. Membuat onjek lingkaran, gunakan Oval Tool, kemudian pilih warna, ukuran, dan jenis garis pada panel properties. Selanjutnya drag pada area kerja.
  4. Membuat objek Teks, gunakan Text Tool, kemudian pilih jenis font, warna, ukuran, dan perataan pada panel properties, selanjutnya ketikkan teks pada area kerja.
Membuat Simbol
Simbol dapat berupa Movie Clip, Button dan Graphic. Setiap simbol mempunyai komponen layer, frem dan area pembuatan objek.
Adapun langkah-langkah membuat simbol adalah sebagai berikut :
  1. Klik menu Insert -> New Symbol (Ctrl + F8).
  2. Tampak kotak dialog “Create New Symbol”.
  3. Tentukan nama symbol pada bagian Name : “Symbol1”, pilih salah satu jenis symbol pada bagian Type : (Movie Clip untuk symbol Animasi, Button untuk symbol Button/Tombol, dan Graphic untuk Grafik/Teks).
  4. Kemudian tekan/klik OK.
  5. Untuk pemilihan simbol Movie clip, selanjutnya tampak jendela pembuatan simbol.
  6. Untuk pemilihan simbol Button, selanjutnya tampak jendela pembuatan simbol.
  7. Untuk pembuatan simbol Graphic, selanjutnya tampak jendela pembuatan simbol.
  8. Setelah selesai pembuatan simbol, untuk menutup jendela pembuatan simbol atau editing simbol lakukan klik icon scene hingga kembali ke layer/area kerja utama.
  9. Selanjutnya pada jendela Library tampak simbol-simbol yang telah dibuat.
  10. Untuk menggunakan simbol, caranya : drag simbol pada Library ke area kerja.
  11. Untuk menjalankannya, silahkan tekan tombol (Crtl + Enter) pada keyboard.
Load disqus comments

0 comments